Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 07 Oktober 2013

Tugas IBD (Manusia dan cinta kasih)

Manusia dan cinta kasih
 Makna Kasih Sayang

Dalam kamus umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan
.
Didalam kitab suci Al Quran ditemui adanya fenomena cinta yang bersembunyi dalam jiwa manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan yaitu tinggi, menengah dan rendah. Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, rasulallah dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat renda aanya cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.
Dari pernyataan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa arti kasih sayang, tidak jauh beda dengan arti cinta. Kasih sayang adalah perasaan suka kepada seseorang ataupun rasa sayang kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.


Contoh kasus
Cinta Kasih dalam keluarga
Keluarga merupakan komponen utama dalam membangun tingkah prilaku seorang anak, dalam keluarga terdiri ayah, ibu dan anak yang dibumbui oleh rasa cinta kasih. Jika saja dalam keluarga tidak ada cinta kasih maka dapat dipastikan keluarga itu sangat renggang satu sama lain. Dalam keluarga ada seorang ayah yang begitu gigih bekerja bating tulang sebagai tanggung jawab menjadi kepala keluarga untuk menghidupi anak istri nya. Ibu merupakan wanita paling tangguh yang ada dimuka bumi ini karena dia berani bertaruh hidupnya demi melahirkan seorang anak yang selama 9 bulan berada dalam kandungan nya.
Seorang ayah dan ibu pasti sangat memprioritaskan kepada anak nya untuk memberikan semua yang terbaik, mereka rela berkorban jiwa raganya untuk apa pun demi anak, yang berharap kelak akan menjadi sebuah kebanggaan bagi mereka karena telah mengeluarkan keringat begitu banyak.

Pembahasan
Dari kasus diatas dapat dilihat bahwa orang tua sangat amat begitu memiliki cinta kasih yang tak bisa dihitung seberapa besarnya hingga nyawa pun mereka berani dipertaruhkan demi anak nya meraih kesuksesan. Jangan sekali kali membuat kedua orang tua kita merasa kecewa dan merasa kesal oleh tinggah laku, sebegitu tega nya kah kalian jika melihat kedua orang tua merasa kecewa? Mereka rela menjaga sejak dalam kandungan hingga besar kelak.


Tidak ada komentar: