Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 02 Desember 2013

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



Pengertian Tanggung Jawab

Setiap manusia harus mempunyai rasa tanggung jawab, dimana rasa tanggung jawab itu harus disesuaikan dengan apa yang telah kita lakukan.Arti dari tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung segala akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian hidup dari manusia bahwa setiap manusia dibebani dengan tangung jawab. Apabila di kaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.
Tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan.

B. Macam-Macam Tanggung Jawab

Manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan adapun untuk kebutuhan orang lain. Dalam usahanya setiap manusia menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan dan membantunya yaitu kekuasaan tuhan.Dengan demikian tanggung jawab itu dapat di bedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuat nya. Berikut ini merupakan beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :

1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
2. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
3. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
4. Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara
5. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan

CONTOH KASUS :
TEMPO.CO, Jakarta - Bupati Bogor Rahmat Yasin mengatakan dirinya sempat dilarang masuk proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Desa Hambalang, Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Larangan itu terjadi setelah dugaan korupsi proyek itu mulai terkuak dan ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Sebagai bupati, bisa saja saya menindak keras pelarangan tersebut. Namun, karena ada tekanan psikologis dari pembangunan proyek tersebut, saya terima saja," ujar Rahmat di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat, 29 November 2013.

Menurut Rahmat, petugas di proyek mengatakan kepadanya untuk dapat masuk ke dalam proyek pembangunan tersebut, dia harus mendapat izin tertulis dari Kementerian Olahraga. "Padahal, staf tata bangunan diminta untuk mengawasi proyek, tapi tetap tidak boleh masuk," katanya.

Terdakwa Deddy Kusdinar sendiri membantah kesaksian tersebut. Deddy mengatakan semua yang berwenang boleh masuk ke dalam proyek tersebut. "Saya sering bawa wartawan ke sana," ujarnya seusai sidang.

Deddy Kusdinar adalah pejabat pembuat komitmen proyek Hambalang. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama atasannya, bekas Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Mereka diduga menyalahgunakan kewenangan dalam proyek berbiaya Rp1,077 triliun.

KESIMPULAN :
Tanggung jawab merupakan sebuah amanah yang orang lain berikan. Jalankan lah tugas sebaik dan sebisa mungkin jangan sampai mengecewakan orang lain yang telah menyimpan kepercaaanya. Seperti para koruptor yang meraup untung dari uang rakyat itu merupakan salah satu tindakan yang tidak mempunyai tanggung jawab, tidak seharusnya para petinggi mengecewakan rakyat nya.


Tidak ada komentar: